Selasa, 16 Februari 2010

Aturan Main Peserta Kursus

Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Calon Guru Sekolah Bertaraf Internasional di Papua
Program Pelatihan Pra-keberangkatan
8 Februari – 30 April 2010

Masa-masa menunggu hasil tes akhirnya berakhir juga. WTA akhirnya menerbitkan SK tentang nama peserta yang berhasil mengikuti program pelatihan Bahasa Inggris di IALF Bali untuk selanjutnya diberangkatkan ke Australia.

Selain itu, WTA dan pihak IALF juga menerbitkan ‘Kerangka Kursus dan Catatan untuk Peserta” yang berisi hal sebagai berikut:


1. Tanggal Kursus

2. Tujuan dan Sasaran Program

3. Pendekatan

4. Struktur dan Kegiatan

5. Kelas Pelatihan Silang Budaya

6. Fasilitas Internet, Palnet English dan CD Rom

7. Materi

8. Penilaian Peserta

9. Evaluasi Kursus

10. Kehadiran dan Ketepatwaktuan

11. Instruktur

12. Informasi lain

Tanggal Kursus ditetapkan berlangsung mulai tanggal 8 Februari sampai dengan 30 April 2010. Pelajaran Bahasa berlangsung dari jam 08.00 sampai jam 16.00 mulai hari Senin-Jumat. Selain itu juga ada pelajaran lain seperti Silang Budaya dan Komputer.

Tujuan dan Sasaran Program. Tujuan pelatihan pra-keberangkatan adalah menyiapkan para peserta agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam program pelatihan khusus di Australia.

Tujuan Khusus:

Penguasaan Bahasa Inggris:

- Meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri peserta dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

- Membiasakan peserta dengan Bahasa Inggris yang lebih khusus sehubungan dengan latarbelakang dan kebutuhan pelajaran serta program pelatihan sasaran di Australia.

- Memberikan kesempatan bagi peserta untuk secara mandiri mengembangkan keterampilan berbahasa serta teknik belajar yang relevan dengan program pelatihan sasaran dan pengembangan profesional peserta baik pada masa sekrang maupun masa yang akan datang.

Peserta juga mendapatkan pelatihan silang-budaya, keterampilan Komputer, dan Information Lateracy (mengakses informasi di IALF dan juga perpustakaan modern secara umum).

Pendekatan

Ciri-ciri program Pra-keberangkatan IALF untuk program pelatihan Bahasa Inggris ini adalah:

- Berdasarkan keterampilan

Peserta berlatih mengembangkan keterampilan kunci dalam berbahasa Inggris (Listening, Speaking, Reading dan Writing) yang diperlukan untuk pelatihan di Australia.

- Berdasarka tugas

Peserta mengerjakan beberapa jenis tugas yang dilakukan dalam program pelatihan sasaran utama peserta di Australia (misalnya mencari informasi tentang suatu topik dan membahasnya secara singkat dalam bahasa Inggris dengan memakai catatan pendukung).

- Terintegrasi

Keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis dikembangkan melalui penyelesaian tugas-tugas yang relevan. Tidak ada kelas terpisah untuk masing-masing keterampilan.

- Berpusat pada pembelajar

Tingkat pemahaman Bahasa Inggris dan kebutuhan belajar peserta menjadi salah satu perhatian utama selama kursus. Peserta memperoleh kesempatan untuk belajar mengenai bidang yang diminati, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang masih dirasa kurang dan mengerjakan tugas yang relevan dengan kebutuhan pelatihan yang lebih spesifik.

- Berpusat pada pembelajaran

Peserta dilatih menggunakan fasilitas pembelajaran yang penting, baik dalam bentuk cetakan, pandang-dengar maupun elektronik. Hal ini membantu peserta secara aktif bertanggungjawab terhadap pembelajaran dan belajar secara mandiri sebagaiana yang akan dilakukan di Australia. Selain itu, peserta juga mempunyai kesempatan mempelajari serangkaian keterampilan yang berguna setelah program ini selesai.

Struktur dan Kegiatan

Kursus mencakup serangkaian tugas yang ditujukan untuk mengembangkan keterampilan berbahasan Inggris yang relevan. Kegiatan ini akan memberi pengalaman belajar yang menarik dan menantang.

Peserta dilibatkan dalam serangkaian aktivitas dan latihan yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris dan mendorong pasrtisipasi peserta. Hal tersebut meliputi:

- Kegitan dan tugas berpasangan dan berkelompok

- Aktivitas bermain peran dan simulasi

- Tugas presentasi

- Aktivitas pemecahan masalah

- Diskusi

- Aktivitas mendengarkan ceramah dan kuliah pendek dan mencatat

- Sesi lab bahasan dan komputer

- Sesi evaluasi, umpan balik dan kaji ulang

Kelas Pelatihan Silang Budaya

Saat belajar di IALF peserta tidak hanya akan memperbaiki keterampilan berbahasa Inggrisnya akan tetapi juga mengembangkan pengetahuan mengenai Australia dan mendapatkan keterampilan yang diperlukan untuk tampil secara efektif dalam konteks akademik dan sosial. Keterampilan ini dikembangankan dalam kelas silang-budaya; yang merupakan bagian yang penting dan tidak terpisahkan dari kursus ini.

Peserta diharapkan berpartisipasi secara aktif dan menggunakan setiap kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan mempraktekkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh sebelum berangkat ke Australia. Hal ini dimaksudkan agar peserta memperoleh hasil maksismal dari kursus ini.

Fasilitas Internet, Planet English dan CD ROM

Semua peserta pelatihan dapat menggunakan fasilitas aInternet di IALF. Masing-masing mendapatkan user name dan password serta alamat email untuk digunakan selama program pelatihan. Pada minggu pertama peserta diajarkan cara menggunakan CD Rom sehingga dapat mempelajari dan mencari informais yang berkaitan dengan bidang masing-masing. Peserta juga dikenalkan dengan Planet English, sebuah fasilitas pembelajaran Bahasa Inggris interaktif.

Materi

Materi program diambil dari berbagai sumber yang meliputi:

- Teks yang diterbitkan sehubungan dengan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris.

- Materi yang dirancang dan dibuat oleh Staf akademik IALF untuk program ini

- Audio, Video, CD Rom, Komputer dan materi yang menggunakan internet termasuk planet English.

Penilaian Peserta

Penilaian dilakukan secara teratur dan berkelanjutan sepanjang program. Tugas-tugas seperti presentasi dan tugas tertulis akan dinilai secara formal. Partisipasi da keterlibatan peserta diamati dan dinilai oleh instruktur kelas dan instruktur silang-budaya dan didiskusikan dengan manajer program. Kinerja umum, kemajuan, motivasi dan komitmen peserta selalu dipantau. Komunikasi teratur antara semua lembaga terkait memastikan bahwa mereka mengetahui kemajuan dan tingkat keterlibatan peserta dalam program ini dan pada saat peserta berada di IALF.

Sertifikat dan Laporan

Di akhir program, peserta akan memperoleh sertifikat IALF dengan sarat telah memenuhi ketentuan kehadiran. Peserta juga memperoleh laporan yang ditulis oleh instruktur kelas mengenai kinerja peserta di kelas, elancaran bahasa Inggris dan kemajuan peserta. Laporan tersebut menjadi informais bagi Calon Guru Sekolah Bertaraf Internasional dan Penyelenggara pelatihan di Australia.

Evaluasi Kursus

Untuk memastikan bahwa kursus Pra-keberangkatan ini efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta, evaluasi akan dilakukan selama program berjalan. Ada dua jenis evaluasi yaitu:

1. Evaluasi informal

Peserta memiliki kesempatan untk secara teratur memberikan umpan balik mengenai seluruh aspek kursus (termasuk metodologi mengajar, materi dsb) selama diskusi formal dengan instruktur dan manajer program. Masukan dari peserta akan sangat membantu untuk memastikan bahwa program ini relevan dan efektif, juga memberi kontribusi terhadap perkembangan dan perbaikan kursus di IALF.

2. Evaluasi Formal

Dalam selang waktu tertentu, IALF akan meminta peserta untuk mengisi Kuisioner mengenai Kursus ini dan memberikan pendapat mengenai berbagai aspek dari pelatihan Pra-keberangkatan secara formal.

Kehadiran dan Ketepatwaktuan

Peserta wajib menghadiri seluruh pelajaran yang telah dijadwalkan dan datang tepat waktu di setiap pelajaran. Ketidakhadiran di dua pelajaran pertama dianggap sebagai ketidakhadiran selama satu hari. Bila karena satu alasan, peserta tidak hadir, maka harus memberitahu instruktur kelas dan Manajer Program, Vlad Pejovic. Peserta wajib mengirim E-mail /surat/catatan untk memperkuat ketidakhadirannya. Catatan kehadiran dikirim ke kantor WTA secara teratur. Seluruh peserta harus menghadiri kursus ini untuk memperoleh kesempatan melanjutkan ke Australia.

Instruktur

Manajer Program : Vlad Pejovic

Instruktur inti : Kate Booth dan Pamela Santoso

Silang Budaya (CC) : Sonja Elsegood dan Maggie Brady

Computer Skill (CS) : Ronny dan Indira

Information Lateracy : Prihatis Safitri

Planet English : Johansyah

Staf IALF yang perlu dikenal peserta:

Manajer : Denise Finney

Program Manajer : Vlad Pejovic

Program Officer : Candra

Library staff : Titin, Yusuf, Mamad, Mia, Gina

Office Manager : Jossy

Personal Officer : Hosbal

Receptionists : Lely, Yayuk, Krishna

Finance Personel : Martha, Ridwan, Ngurah, Jozef

IPD Office Staff : Rini, Ketut, Boogie


(Tulisan ini disalin dari "Kerangka Kursus" yang dikeluarkan oleh IALF Bali dan telah dilakukan penyesuaian seperlunya)

Label: , , , , , ,

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda